Pengembangan media e-flashcard untuk keterampilan menulis huruf kapital siswa kelas II sekolah dasar
Abstract
Keterampilan menulis merupakan kompetensi dasar yang perlu
dikuasai sejak sekolah dasar, namun banyak peserta didik masih
mengalami kesulitan, terutama dalam penggunaan huruf kapital.
Kondisi tersebut terjadi karena kurangnya fokus peserta didik selama
proses pembelajaran, yang dipengaruhi oleh penggunaan media yang
kurang menarik. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk
menghasilkan media pembelajaran E-Flashcard yang memiliki tingkat
kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dalam mendukung
pembelajaran menulis huruf kapital. Metode pengembangan media
yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analyze, Design,
Development, Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba
adalah peserta didik kelas II di SDN Wonokusumo VI/45 Surabaya.
Pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi dari ahli materi
dan media, angket respon peserta didik dan pendidik, pretest dan
posttest, serta lembar keefektifan. Dari hasil penelitian diperoleh
bahwa media memiliki tingkat validitas 94%, sementara materi
divalidasi dengan nilai sebesar 92,5%. Kepraktisan media
pembelajaran menurut peserta didik pada skala kecil 95%, pada skala
besar 97,4% dan menurut pendidik 100%.
Downloads
Abstract views: 26
,
PDF Downloads: 74

