pengembangan media kotak deskripsi (kode) untuk keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas iv sekolah dasar

Authors

  • Desti Amali Putri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media KODE (Kotak
Deskripsi) untuk keterampilan menulis siswa dalam menulis paragraf
deskripsi di sekolah dasar yang valid, efektif, dan praktis.
Pengembangan media KODE (Kotak Deskripsi) menggunakan desain
penelitian model pengembangan ADDIE (analyze, design,
development, implement, dan evaluate). Penelitian dilaksanakan di
kelas VI-B SDN Tropodo 2 Waru pada tahun ajaran 2024/2025
semester genap. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terkait
pengembangan media KODE (Kotak Deskripsi), kevalidan diukur
berdasarkan hasil angket validasi ahli media dan ahli materi. Skor
perolehan validasi media sebesar 87% dan validasi materi sebesar 92%
sehingga didapatkan kategori valid. Kepraktisan diukur berdasarkan
hasil lembar angket respon siswa dan lembar angket respon guru.
Angket respon siswa memperoleh skor 99% dan angket respon guru
memperoleh skor sebesar 100% dengan kategori sangat praktis.
Keefektifan diperoleh berdasarkan hasil pre-test dan post-test yang
dikerjakan oleh siswa mendapatkan nilai N-gain 0,9 dengan kategori
tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-03

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 18 , PDF Downloads: 36