Pengembangan media pembelajaran interaktif rataya (ruang angkasa dan tata surya) berbasis articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vi sd

Authors

  • nurul afifah state University of Surabaya
  • Mintohari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengembangkan media pembelajaran
interaktif bernama RATAYA (Ruang Angkasa dan Tata Surya) dengan
bermanfaat aplikasi articulate storyline, yang dirancang membantu
memperbaiki hasil belajar siswa kelas VI sekolah dasar. Masalah
utama melatarbelakangi penelitin ialah masih terbatasnya penggunaan
media pembelajaran interaktif. Guru cenderung menggunakan media
konvensional seperti buku paket, poster, dan raplika yang kurang
melibatkan siswa secara aktif. Metode pengembangan digunakan ialah
model ADDIE, melibatkan pendekatan one group pretest dan postest
design. Subjek penelitian yang melibatkan 20 siswa di SDN Selosari.
Teknik pengumpulan data dilakukan observasi, wawancara, validasi,
serta pretest serta posttest. Hasil dari analisis ini menunjukkan media
ini valid (87% oleh ahli materi serta 95% oleh ahli media). Hasil
kepraktisan (angket siswa 81% dan angket guru 91%) dikategorikan
sangat praktis. Hasil keefektifan memiliki rata-rata skor pretest 65,45
meningkat menjadi 85,90 pada posttest. Hasil N-Gaun 0,59 (kategori
sedang) dikarenakan media RATAYA layak digunakan sebagai saran
pembelajaran IPA sistem tata surya yang menarik dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-03

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0