pengembangan lkpd happy notes mengacu pemahaman sosial pada materi hak dan kewajiban pendidikan pancasila kelas iv sd

Authors

  • Ela Dwita Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Vicky Dwi Wicaksono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kebanyakan peserta didik belum bisa menemukan perbedaan diantara
hak dan kewajiban, sehingga menghambat mereka dalam
berpartisipasi aktif dalam kehidupan sosial dan mengembangkan
kesadaran akan hak-hak mereka dan kewajiban yang harus dipenuhi,
bahan ajar yang kurang interaktif dan konvensional yang berpusat
kepada guru membuat peseta didik kurang antusias ketika proses
kegiatan pembelajaran berjalan. Penelitian ini bertujuan guna
menganalisis pengembangan LKPD Happy Notes mengacu
pemahaman sosial dalam materi hak dan kewajiban Pendidikan
Pancasila kelas IV SD, serta menilai kelayakan berdasarkan hasil
kevalidan serta kepraktisan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa
validitas materi mencapai 80% dengan kategori 'Valid', validitas media
sebesar 85,45% tergolong 'Sangat Valid', dan hasil validasi dari guru
memperoleh persentase 96,52% yang juga termasuk dalam kategori
'Sangat Valid'. Temuan penilaian kepraktisan pengembangan LKPD
berdasarkan angket respon peserta didik sebesar 93,7% dan sesuai
pada wawancara dengan guru dapat disimpulkan bahwa LKPD yang
dikembangkan dikategorikan “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil
penelitian ini, maka LKPD Happy Notes mengacu pemahaman sosial
pada materi hak dan kewajiban Pendidikan Pancasila layak digunakan
sebagai bahan ajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-03

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0