Pengaruh penerapan metode pembelajaran berbasis pos kelompok terhadap pemahaman konsep luas bangun datar pada siswa sd kelas v

Authors

  • safirah Aulia Adinda Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kegiatan pembelajaran harus dirancang secara efektif agar dapat
membantu peserta didik memahami materi pelajaran dengan lebih
mudah. Matematika, khususnya pada jenjang sekolah dasar, seringkali
menjadi tantangan karena sifatnya yang abstrak, terutama dalam
memahami konsep luas bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran berbasis Pos
Kelompok terhadap peningkatan pemahaman konsep luas bangun
datar pada peserta didik kelas V. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi-Experiment:
Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling dengan kelas V-B sebagai kelas
eksperimen dan kelas V-C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang
digunakan berupa tes pilihan ganda dalam bentuk pretest dan posttest,
serta lembar pertanyaan sebagai pendukung pengujian metode. Teknik
analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji Independent
sample T-Test, dan uji N-Gain.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0