Peningkatan pemahaman simbol pancasila Melalui media gambar pada siswa kelas 2 sd

Authors

  • Luluk Farida Universitas Negeri Surabaya
  • Hendrik Pandu Paksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas
II SD terhadap simbol-simbol Pancasila melalui penggunaan media
gambar. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Subjek penelitian terdiri dari 8 siswa kelas II SDN Lebaksari.
Proses pengumpulan data dilakukan melalui tes formatif, observasi
aktivitas guru dan siswa, serta wawancara untuk mengetahui respon
siswa dan guru terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan
terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa dari 40% pada kondisi
awal menjadi 60% pada siklus pertama dan mencapai 85% pada siklus
kedua. Aktivitas guru pada siklus kedua meningkat hingga 90%,
sedangkan aktivitas siswa mencapai 85%. Peningkatan ini
menunjukkan bahwa media gambar efektif membantu siswa
memahami konsep simbol Pancasila secara lebih konkret dan
bermakna, mendorong keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran.
Temuan ini mendukung teori Piaget mengenai perkembangan kognitif
konkret-operasional dan sejalan dengan hasil penelitian sebelumnya
yang menegaskan efektivitas media visual dalam pembelajaran di
sekolah dasar. Penggunaan media gambar direkomendasikan sebagai
alternatif strategi pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk
memperkuat pemahaman konsep dan menumbuhkan sikap positif
terhadap nilai-nilai luhur bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-02

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0