Kontekstualisasi pembelajaran matematika di sekolah dasar dalam konteks travel plan ke bromo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan merefleksikan kontekstualisasi pembelajaran matematika di Sekolah Dasar melalui integrasi konteks travel plan ke Gunung Bromo. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana konteks nyata perjalanan wisata dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan pemahaman matematika yang bermakna pada peserta didik kelas V-A di SDN Kalirungkut I/264 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi autoetnografi peneliti merefleksikan pengalaman pribadi sebagai guru sekaligus fasilitator pembelajaran. Pengembangan LKPD pembelajaran dilakukan melalui modifikasi model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang hanya pada tahap Develop dan diintegrasikan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi autoetnografi, narrative inquiry, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membahas hasil eksplorasi konsep matematika berbasis konteks travel plan ke Bromo sebagai sumber belajar peserta didik berupa LKPD. Konsep matematika di sekolah dasar yang ditemukan konsep bilangan, operasi hitung aritmatika, dan pengukuran.
Downloads

