Pengaruh metode pembelajaran sq3r (survey, question, read, recite and review) terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V sekolah dasar

Authors

  • Aprilia Sri Wilujeng Wijayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Mulyani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penerapan metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read,
Recite, and Review) terhadap keterampilan membaca pemahaman
siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan rancangan quasi experimental design. Hasil uji
validitas pada seluruh butir soal memiliki r hitung > r tabel yaitu 0,433
< 0,05 sehingga dinyatakan valid. Uji reliabilitas menghasilkan nilai
sebesar 0,745 yang termasuk dalam kategori tinggi, sehingga
instrumen dinyatakan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata
pretest kelas eksperimen sebesar 80,61 dan posttest 93,38, dengan skor
N-Gain sebesar 0,62 yang termasuk dalam kategori sedang. Uji t-Test
menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang
menunjukkan adanya pengaruh signifikan setelah penerapan metode
SQ3R. Dengan demikian, metode ini efektif dan berpengaruh dalam
meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-03

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 17 , PDF Downloads: 36