Pengaruh metode pembelajaran sq3r (survey, question, read, recite and review) terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V sekolah dasar
Abstract
ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penerapan metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read,
Recite, and Review) terhadap keterampilan membaca pemahaman
siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan rancangan quasi experimental design. Hasil uji
validitas pada seluruh butir soal memiliki r hitung > r tabel yaitu 0,433
< 0,05 sehingga dinyatakan valid. Uji reliabilitas menghasilkan nilai
sebesar 0,745 yang termasuk dalam kategori tinggi, sehingga
instrumen dinyatakan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata
pretest kelas eksperimen sebesar 80,61 dan posttest 93,38, dengan skor
N-Gain sebesar 0,62 yang termasuk dalam kategori sedang. Uji t-Test
menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang
menunjukkan adanya pengaruh signifikan setelah penerapan metode
SQ3R. Dengan demikian, metode ini efektif dan berpengaruh dalam
meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.
Downloads
Abstract views: 17
,
PDF Downloads: 36

