Pengembangan media electronic flipbook untuk keterampilan menyimak pada materi teks fiksi kelas v sekolah dasar

Authors

  • Mutiara Dwi Cahyaning Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaraan untuk keterampilan
menyimak pada materi teks fiksi menyebabkan kesulitan menyimak
materi teks fiksi dan cerita fiksi. Penelitian ini untuk mengetahui
kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media Electronic Flipbook
untuk keterampilan menyimak pada materi teks fiksi kelas V Sekolah
Dasar. Penelitian ini melalui metode Researc and Development (R&D)
dengan model ADDIE. Subjek pada penelitian yaitu 16 peserta didik
kelas V SDN Sidorejo, Magetan. Hasil Penelitian menunjukkan
validitas media oleh ahli materi dan media mencapai 88,89% dan 90%,
termasuk kategori “sangat valid”. Kepraktisan media ditunjukkan
dengan angket guru sebesar 90% dan peserta didik sebesar 100%
mengindikasikan kategori “sangat praktis”. Selanjutnya keefektifan
berdasarkan hasil pretest dan posttest, menunjukkan perolehan rata-
rata N-Gain sebesar 0,820 dengan kategori “tinggi”. Dengan demikian,
media Electronic Flipbook dinyatakan valid, praktis, dan efektif
digunakan untuk keterampilan menyimak pada materi teks fiksi di
kelas V sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-03

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 27 , PDF Downloads: 52