Pengembangan media kotak putar gambar berseri Untuk keterampilan menulis narasi peserta didik Kelas III sekolah dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan
mengembangkan media Pendidikan inovatif berupa Kotak Putar
Gambar Berseri yang ditujukan untuk mendukung kemampuan menulis
narasi peserta didik kelas III sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan
adalah metode Research and Development (R&D) dengan model
pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap: Analisis, Desain,
Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Media ini dirancang untuk
mendorong peserta didik dalam mengembangkan ide cerita melalui
tampilan gambar berseri yang diputar secara menarik dan interaktif.
Hasil validasi dari para ahli menunjukkan bahwa media ini memiliki
kualitas tinggi; validasi oleh ahli media memperoleh skor 92% dan
dinyatakan "sangat valid", sedangkan validasi oleh ahli materi mencapai
94% dengan kategori yang sama. Selain itu, uji kepraktisan
menunjukkan bahwa pendidik memberikan tanggapan positif dengan
persentase 90%, sementara peserta didik memberikan penilaian sebesar
85%, yang keduanya termasuk dalam kategori "sangat praktis". Dari
segi efektivitas, hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan
kemampuan menulis narasi secara signifikan, dengan nilai n-gain
sebesar 0,66 yang menandakan media ini tergolong efektif.
Kesimpulannya, Kotak Putar Gambar Berseri merupakan media
pembelajaran yang terbukti valid, praktis, dan efektif untuk
meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa sekolah dasar.
Downloads
Abstract views: 33
,
PDF Downloads: 44

