Pengembangan e-modul interaktif “electricity storyline” pada mata pelajaran ipas materi listrik kelas v sekolah dasar

Authors

  • Novita Ayu Dyah Zurfiyanti Mahasiswa UNESA
  • Ulhaq Zuhdi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

tudi ini berangkat dari masalah terbatasnya alat peraga kelistrikan
yang digunakan sebagai sarana edukasi, kurangnya literatur mandiri
yang luas, serta materi yang dirasa sulit oleh siswa, yang menurunkan
minat dan motivasi belajar mereka. Media interaktif berbasis visualan
pemanfaatan teknologi dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini yakni
untuk mengembangkan dan menguji kelayakan E-Modul interaktif
"Electricity Storyline" pada mata pelajaran IPAS materi listrik untuk
siswa kelas V SD dengan menggunakan prosedur Borg dan Gall
dengan 9 tahapan. Pengumpulan data dilakukan melalui angket
validasi, angket respon siswa, dan pretest-posttest. Hasil validasi ahli
materi menunjukkan persentase 96% (sangat valid), dan ahli media
89% (sangat valid), keduanya dinyatakan layak. Hasil uji kepraktisan
dari angket respon siswa mendapatkan 66,75% (uji coba 1) dan
72,36% (uji coba 2), termasuk kategori layak. Adapun hasil uji
keefektifan melalui analisis N-Gain menunjukkan nilai 0,39 (uji coba
1) dan 0,40 (uji coba 2), yang berarti e-modul memberikan pengaruh
kategori sedang dan layak digunakan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-05

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 21 , PDF Downloads: 44