Analisis kemampuan bernalar matematis siswa kelas v dalam menyelesaikan soal cerita berbasis numerasi

Authors

  • Hapsari Hidayatul Hanifah Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Rendahnya kemampuan bernalar matematis siswa pada penyelesaian
soal cerita masih menjadi satu diantara tantangan dalam dunia
pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan
kemampuan bernalar matematis ssiwa dalam mengerjakan soal cerita
berbasis numerasi yang berfokus pada materi geometri. Penelitian ini
menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melibatkan 25
siswa kelas V. Data yang diperoleh berasal dari tes soal cerita numerasi
dengan konten geometri sebanyak 10 soal dan wawancara mendalam.
Selanjutnya, data yang didapat dianalisis guna menjawab rumusan
masalah yang telah ditentukan. Siswa dengan kategori kemampuan
bernalar matematis tinggi mencapai 8%, siswa dengan kategori
kemampuan bernalar matematis sedang mencapai 52%, dan siswa
dengan kategori kemampuan bernalar matematis rendah mencapai
40%. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan penggunaan model
pembelajaran yang bisa membantu meningkatkan kemampuan
bernalar matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-06

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 9 , PDF Downloads: 32