Analisis kemampuan literasi matematika ditinjau berdasarkan kemampuan awal siswa kelas iv materi pengukuran antar satuan waktu, panjang, dan berat
Abstract
Literasi matematika merupakan kompetensi penting dalam
mendukung kemampuan siswa menyelesaikan masalah sehari-hari
secara logis dan kontekstual. Namun, hasil survei TIMSS
menunjukkan bahwa literasi matematika siswa Indonesia masih
rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan
literasi matematika siswa kelas IV SD ditinjau dari kemampuan awal
siswa pada materi pengukuran satuan waktu, panjang, dan berat.
Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitiatif di SDI Al-
Mu’awanah. Subjek terdiri dari tiga siswa dengan kategori
kemampuan awal rendah, sedangm dan tinggi. Instrumen berupa tes
literasi berbasis soal literasi dan wawancara mendalam. Hasil
menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan awal tinggi mampu
memenuhi keempat indikator literasi matematika dengan baik. Siswa
dengan kemampuan awal sedang menunjukkan pencapaian cukup
pada sebagian besar indikator namun kurang konsisten dalam evaluasi
solusi. Sedangkan siswa dengan kemampuan awal rendah
menunjukkan kesulitan pada hampir seluruh indikator. Temuan ini
menegaskan pentingnya memperhatikan kemampuan awal siswa
dalam mempelajari matematika kontekstual.
Downloads

