Pengaruh model pembelajaran kooperatif think pair share berbantuan power point interaktif terhadap hasil belajar bahasa indonesia teks nonfiksi kelas v sdn milangasri 1 magetan

Authors

  • Maulida Rizqi Istiqomah Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Studi ini memiliki tujuan mengalisis terdapat tidaknya dampak
perolehan belajar Bahasa Indonesia secara menerapkan model
pembelajaran kooperatif Think Pair Share berbantuan media power
point interaktif dalam konsep teks nonfiksi siswa kelas V di SD Negeri
Milangasri 1 Magetan. Metode dalam studi ini yaitu kuantitatif
eksperimen menggunakan rancangan nonequivalent control group
desain. Sampel dalam studi ini siswa kelas V B SD yang bertotalkan
24 siswa menggunakan teknik purposive sampling, pengumpulan data
dalam studi ini berbentuk teknik tes yang dipakai berbentuk pretest
serta posttest. Teknik analisis instrumen tes berupa pretest dan posttest.
Teknik Analisis hasil data memakai uji normalitas, homogenitas, uji
Independent sample t – test, serta uji N-Gain ternormalisasi. Temuan
uji hipotesis mengindikasikan skor Sig. < 0,05 ialah 0,034 yang
bermakna Ho ditolak serta Ha diterima, sementara klasifikasi skor N-
Gain kelas kontrol serta kelas eksperimen didapat skor mean N-Gain
kelas kontrol secara temuan sejumlah 0,23 dalam klasifikasi rendah
sementara dalam kelas eksperimen didapat mean N-Gain sejumlah
0,61 dalam klasifikasi sedang. Sehingga bisa dinyatakan jika skor
mean di kelas eksperimen di atas kelas kontrol maupun ditemukannya dampak penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Share berbantuan media Power point Interaktif bagi konsep teks nonfiksi
terhadap perolehan belajar Bahasa Indonesia pada siswa kela

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-13

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 87 , PDF Downloads: 109