Implementasi program pendidikan inklusi dalam mengasah kemampuan sosial emosional anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif galuh handayani surabya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi
program pendidikan inklusi di Sekolah Inklusi Galuh Handayani
Surabaya khususnya dalam upaya meningkatkan kemempuan sosial
emosional anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif dengan instrument penelitiannya berupa
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan
di Sekolah Inklusif Galuh Handayani Surabaya. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa sekolah tersebut berhasil menerapkan program
pendidikan inklusi dalam mengasah kemampuan sosial emosional
anak berkebutuhan khusus. Penerapan tersebut didasari pada
penguatan rasa empati, dukungan setiap anak untuk berkembang
sesuai dengan potensinya melalui pendekatan pendidikan yang
inklusif, program pembiasaan, dan kolaborasi antara guru dengan
psikolog, terapis, dan orang tua
Downloads
Abstract views: 101
,
PDF Downloads: 157

