Pengembangan media game edukasi “ethnotopia” berbasis roblox dengan pendekatan etnopedagogi untuk integrasi kearifan lokal trenggalek dalam pembelajaran siswa sekolah dasar
Abstract
Minimnya integrasi kearifan lokal dalam pendidikan dasar mengurangi apresiasi budaya siswa dan melemahkan identitas nasional. Penelitian ini mengembangkan Ethnotopia, media game edukasi berbasis Roblox dengan pendekatan etnopedagogi untuk mengintegrasikan kearifan lokal Trenggalek dalam pembelajaran siswa sekolah dasar. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE, dengan data dari validasi ahli dan uji coba melibatkan siswa kelas V dan guru di SDN 2 Surodakan. Instrumen meliputi lembar validasi, pretest–posttest, dan angket. Hasil menunjukkan media sangat valid (93,75% materi; 90% media), praktis (96,7% guru; 85% siswa), dan efektif (N-Gain 0,72; 88% siswa tuntas). Ethnotopia terbukti valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal.
Downloads
Abstract views: 799
,
PDF Downloads: 696

