Pengembangan media kincir angka pada materi mengurutkan bilangan untuk siswa kelas 1 sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran
kincir bilangan yang sah, mudah digunakan, dan efisien dalam materi
pengurutan bilangan untuk siswa kelas I SD. Model pengembangan
yang diterapkan adalah ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan,
Implementasi, Evaluasi). Data dikumpulkan melalui kuesioner siswa,
lembar validasi ahli, serta hasil dari pretest dan posttest yang diolah
dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian
mengindikasikan bahwa media mendapatkan penilaian “sangat layak”
dari para ahli materi, media, dan bahasa. Hasil survei siswa
menunjukkan tingkat kepraktisan yang sangat baik. Uji-t sampel
berpasangan menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara
pretest dan posttest (Sig. = 0,000 < 0,05), dengan nilai N-Gain
terklasifikasi dalam kategori “sedang”. Dengan demikian, media roda
bilangan dapat disimpulkan sah, praktis, dan cukup efisien dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penyusunan bilangan
Downloads
Abstract views: 120
,
PDF Downloads: 181

