Pengembangan e-ensiklopedia budaya lokal Sidoarjo untuk meningkatkan pemahaman Konsep muatan IPS kelas v sekolah dasar
Abstract
Pembelajaran mengenai kearifan lokal di tingkat sekolah dasar masih menghadapi kendala berupa keterbatasan sumber belajar yang tersedia. Kondisi ini menyebabkan proses pembelajaran bergantung pada materi yang seadanya dan kurang kontekstual, yang berakibat pada rendahnya pemahaman siswa. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus untuk mengembangkan sumber belajar E-ensiklopedia budaya lokal Sidoarjo guna meningkatkan pemahaman siswa dengan
menerapkan metode Research and Development (R&D) serta model ADDIE. Subjek penelitian merupakan 20 siswa kelas V-C di SDN Karangbong, Sidoarjo. Data penelitian diperoleh melalui angket validasi, angket respon, dan lembar pretest-posttest. Temuan validasi menunjukkan bahwa sumber belajar sangat valid dengan perolehan skor 86,15% dari ahli materi dan skor 97% dari ahli media. Uji kepraktisan sumber belajar menghasilkan kategori sangat praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan skor 93,94% dan angket respon guru dengan skor 97,65%. Sementara itu, penggunaan sumber belajar menunjukkan keefektifan dalam meningkatkan pemahaman yang terlihat dari persentase ketuntasan belajar sebesar 90% serta hasil N-Gain sebesar 0,63 yang tergolong sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwasanya sumber belajar E- nsiklopedia budaya lokal Sidoarjo layak dan sesuai digunakan dalam
kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan melestarikan nilai-nilai budaya.
Downloads
Abstract views: 0
,
PDF Downloads: 0

