Pengembangan locudi board game untuk Meningkatkan pemahaman budaya lokal Peserta didik pada materi keragaman Budaya indonesia kelas v sekolah dasar
Abstract
Pendidikan Pancasila penting diajarkan pada peserta didik sekolah dasar untuk menghadapi tantangan besar di era digital, di mana arus informasi dan pengaruh budaya global dapat melemahkan pemahaman serta pengamalan nilai-nilai kebangsaan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis board game yang dinamakan LOCUDI Board Game, dengan tujuan meningkatkan pemahaman budaya lokal peserta didik pada materi keragaman budaya Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, desain media, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas V sekolah dasar. Instrumen yang digunakan mencakup lembar validasi, angket respon, serta soal pretest dan posttest. Hasil memperlihatkan media LOCUDI Board Game sangat valid
(91,66% media, 95% materi, dan 91,42% bahasa), sangat praktis (92,5% peserta didik pada uji coba skala kecil, 93,12% peserta didik uji coba skala lapangan, 84% guru pada uji coba skala kecil dan lapangan) serta efektif dalam meningkatkan pemahaman budaya lokal peserta didik dengan N-Gain 0,74 (kategori tinggi) pada uji coba skala kecil, dan N-Gain 0,65 (kategori sedang) pada uji coba skala lapangan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa media ini layak dimanfaatkan dalam
pembelajaran karena dapat meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan aktif peserta didik, serta pemahaman budaya lokal mereka terhadap keragaman budaya Indonesia.
Downloads
Abstract views: 0
,
PDF Downloads: 0

