Pengembangan media skip quest untuk mendukung gaya belajar kinestetik siswa sekolah dasar pada materi sejarah kelahiran pancasila
Abstract
Penggunaan media pembelajaran seharusnya menyesuaikan tipe gaya belajar siswa agar mereka berkontribusi aktif dalam proses belajar. Media konkrit berbasis permainan dinilai sesuai untuk mengakomodasi semua gaya belajar, khususnya gaya belajar kinestetik. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media SKiP Quest yang layak berdasarkan uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R&D) dengan model ADDIE, yang melibatkan 65 siswa kelas V SDN Pakis I/368 Surabaya sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas sebesar 80% dari ahli materi dan 80% dari ahli media dengan kategori “valid”. Kepraktisan diperoleh melalui angket respon siswa sebesar 82,4% pada uji coba terbatas dan 84,13% pada kelas eksperimen, serta angket respon guru sebesar 95%, seluruhnya dengan kategori “sangat praktis”. Keefektifan diperoleh dari nilai N-Gain sebesar 0,36 pada kelas kontrol dan 0,62 pada kelas eksperimen, dengan keduanya berkategori “sedang”. Persentase N-Gain pada kelas eksperimen mencapai 62% dengan kategori “cukup efektif”. Berdasakan hasil tersebut, media SKiP Quest dinyatakan layak digunakan untuk mendukung gaya belajar kinestetik siswa sekolah dasar pada materi sejarah kelahiran pancasila.
Downloads
Abstract views: 0
,
PDF Downloads: 0

