Pengaruh model kooperatif tipe two stay two stray melalui media kartu bergambar terhadap sikap kerja sama
Abstract
Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya keterlibatan siswa dalam kerja kelompok, di mana sebagian siswa masih pasif dan kurang berkontribusi. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakan pendekatan pembelajaran kooperatif yang menekankan interaksi aktif antaranggota kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan media kartu bergambar terhadap sikap kerja sama siswa kelas III dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas IIIA dan IIIB SDN Pakis 1/368 Surabaya menggunakan teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan melalui kueisoner, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa angket sikap kerja sama, dan data dianalisis dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan model TSTS dengan media kartu bergambar terhadap sikap kerja sama siswa (sig. 0,000 < 0,05). Peningkatan skor pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan
dengan kelompok kontrol. Hal ini membuktikan bahwa model TSTS melalui media kartu bergambar efektif dalam meningkatkan sikap kerja sama siswa, sekaligus memberikan alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk membangun nilai kolaboratif sejak dini
Downloads
Abstract views: 0
,
PDF Downloads: 0

