Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis Dan keterampilan komunikasi pada Pendidikan pancasila siswa kelas v sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis dan komunikasi siswa, serta untuk mengetahui peningkatan kedua keterampilan tersebut dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V di SDN Pakis I Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen dan melibatkan 40 siswa, terdiri dari 20 siswa kelas V-A dan V-B sebagai kelompok eksperimen, serta 20 siswa kelas V-C dan V-D sebagai kelompok kontrol, dengan rancangan nonequivalent control group. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket, sedangkan analisis data meliputi uji deskriptif, uji prasyarat (normalitas dan homogenitas), uji hipotesis serta uji N-Gain menggunakan SPSS versi 26. Hasil uji T menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan model PBL terhadap keterampilan berpikir kritis (sig. 0,006 < 0,05) dan
keterampilan komunikasi (sig. 0,006 < 0,05).
Downloads
Abstract views: 0
,
PDF Downloads: 0

