Pola komunikasi guru dengan orang tua: studi kasus di sekolah dasar dalam konteks pembentukan karakter sosial siswa
Abstract
Komunikasi guru dengan orang tua merupakan bentuk kolaborasi dalam pembentukan karakter sosial siswa, khususnya kedisiplinan dalam berpenampilan, berseragam, dan beratribut. Tujuan penelitian untuk mengetahui pola komunikasi guru dengan orang tua dalam membentuk karakter disiplin siswa di SDN Kapasan III/145 Surabaya. Penelitian ini menerapkan penelitian kualitatif studi kasus, dengan subjek yaitu kepala sekolah, guru, orang tua, serta siswa, melalui
wawancara, observasi, serta studi dokumentasi. Selanjutnya dianalisis melalui kondensasi data, display data, serta menggambar dan memverifikasi kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini yaitu komunikasi guru dengan orang tua dilaksanakan melalui pertemuan awal semester, pertemuan
akhir semester, pertemuan untuk keperluan tertentu, pemanggilan orang tua, korlas, serta komunikasi harian sesuai kebutuhan. Komunikasi bersifat dua arah, multi arah, terbuka, formal, informal, dengan intensitas rutin dan tidak rutin. Bentuk komunikasi meliputi lisan dan tulisan dengan media langsung dan perantara. Faktor pendukung komunikasi meliputi adanya telepon dan WhatsApp, keaktifan guru, pendekatan guru, serta kesadaran orang tua. Adapun faktor penghambatnya yaitu keterbatasan alat komunikasi, kesibukan orang tua, anak tidak tinggal serumah dengan orang tua, serta kurangnya kesadaran orang tua. Penelitian ini menegaskan bahwa komunikasi guru dengan orang tua yang baik merupakan kunci dalam pembentukan karakter sosial siswa
Downloads
Abstract views: 0
,
PDF Downloads: 0

