Pengembangan instrumen penilaian sikap Tanggung jawab dan percaya diri berbasis VCT (value clarification technique) pada mata Pelajaran pendidikan pancasila di smas Maryam surabaya

Authors

  • Evita Devi UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Harmanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penilaian merupakan hal yang sangat penting dalam pembelajaran, terutama penilaian sikap. Namun pada implementasinya penilaian sikap belum diterapkan secara maksimal. Penelitian merupakan, penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kualitas produk instrumen penilaian sikap berbasis VCT (Value Clarification Technique). Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji coba dilakukan oleh ahli bahasa dan ahli penilaian sikap, serta subjek uji coba adalah siswa kelas X SMAS Maryam Surabaya. Berdasarkan hasil uji validasi ahli penilaian sikap mendapatkan nilai rata-rata 96% dengan kriteria sangat baik yang termasuk kategori sangat valid, dan uji validasi ahli bahasa mendapatkan nilai rata-rata 92% dengan kriteria sangat baik termasuk kategori sangat valid.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-11-10

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0