Analisis gaya belajar siswa dalam implementasi kurikulum di SDN 87 palembang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar siswa dalam
implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 87 Palembang. Metode
yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik
pengumpulan data melalui wawancara dan observasi terhadap kepala
sekolah serta guru kelas rendah (kelas 1 dan 2). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa SDN 87 Palembang telah menerapkan
Kurikulum Merdeka dengan baik melalui pembelajaran yang berpusat
pada siswa (student-centered learning). Guru berperan sebagai
fasilitator dan menyesuaikan strategi pembelajaran dengan gaya
belajar siswa yang beragam, yaitu visual, auditori, dan kinestetik.
Kegiatan belajar dilakukan secara aktif, kreatif, dan kolaboratif dengan
mengintegrasikan nilai-nilai karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila.
Dalam perencanaan, guru menggunakan dokumen kurikulum resmi
seperti Capaian Pembelajaran (CP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP),
dan Modul Ajar. Observasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran
berjalan aktif dan menyenangkan, meskipun terdapat kendala pada
keterbatasan sarana IT. Penilaian dilakukan secara formatif mencakup
sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Secara keseluruhan,
implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 87 Palembang telah
mengakomodasi perbedaan gaya belajar siswa dan mendukung
pembentukan karakter peserta didik.
Downloads
Abstract views: 2
,
PDF Downloads: 3

