PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IVA SDK KATARINA SURABAYA

  • CHRISTIANA RAJINEM Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Hasil observasi tentang keterampilan menulis narasi siswa kelas IVA SDK Katarina Surabaya tahun pelajaran 2011-2012 kurang memuaskan. Terbukti dari 22 siswa hanya 35% yang tuntas belajar mencapai KKM 70.  Untuk itu diperlukan adanya  berbagai perubahan metode pembelajaran maupun penerapan model pembelajaran yang sesuai. Bagaimanakah penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi di SDK Katarina menjadi permasalahan yang utama bagi peneliti. Usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melaksanakan PTK ( Penelitian Tindakan Kelas).  Metode penelitian meliputi  rancangan penelitian, subjek dan lokasi penelitian,  serta prosedur penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dua siklus, masing-masing siklus terditi dari dua pertemuan. Tiap  pertemuan dua jam pelajaran ( 70 menit).  Persentase hasil belajar menulis narasi  dengan menerapkan model  pembelajaran langsung pada siklus I adalah 63,6%  dengan nilai ketercapaian rata-rata 72. Sedangkan persentase hasil belajar menulis narasi  pada siklus II  adalah 86.4%  dengan nilai ketercapaian rata-rata 76.7   Hal ini menunjukkan bahawa model pembelajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IVA SDK Katarina Surabaya.

Kata kunci : pembelajaran langsung, menulis narasi

Published
2013-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 21