PENERAPAN PENDEKATAN TANDUR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR INDUKTIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVB SDN 1 PUTAT LOR MENGANTI GRESIK

  • DIAN Permana PERMANA SARI Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Model pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran IPA kurang efektif untuk menanamkan konsep pengetahuan dan pengalaman pada diri siswa. Di SDN 1 Putat Lor Menganti-Gresik, data di lapangan menunjukkan 44% siswa belum mencapai KKM serta kemampuan siswa dalam keterampilan berpikir induktif juga masih sangat kurang. Oleh karena itu peneliti berupaya mencari solusi dengan menerapkan pendekatan TANDUR. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Yang menjadi subjek dan lokasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IVB SDN 1 Putat Lor Menganti Gresik. Untuk pengambilan data dilakukan dengan observasi dan tes. Data yang diperoleh dilapangan kemudian dianalisis secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I 62% meningkat menjadi 81% pada siklus II, aktivitas siswa pada siklus I 67% meningkat menjadi 80% pada siklus II, ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I 63% meningkat menjadi 83% pada siklus II, penilaian hasil belajar psikomotor siswa pada siklus I 68% meningkat menjadi 83% pada siklus II, penilaian hasil belajar afektif siswa pada siklus I 69% meningkat menjadi 83% pada siklus II, dan keterampilan berpikir induktif siswa pada siklus I 57% meningkat menjadi 80% pada siklua II. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan TANDUR untuk meningkatkan keterampilan berpikir induktif dan hasil belajar siswa dikatakan berhasil.

Kata Kunci : Pendekatan TANDUR, Keterampilan Berpikir Induktif, Hasil Belajar

Published
2013-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 24