PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS IV SDN KREMBANGAN UTARA III / 606 SURABAYA

  • DJASMIATI Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Membaca merupakan proses memahami pesan tertulis dengan menggunakan bahasa tertentu yang disampaikan oleh penulis kepada pembacanya. Keterampilan membaca perlu diajarkan pada siswa di sekolah untuk meningkatkan keterampilan berbahasa yang sangat bermanfaat pada kehidupan siswa.Terdapat beberapa teknik membaca, salah satunya adalah membaca nyaring.  Berdasarkan hasil pengamatan di kelas IV SDN Krembangan Utara III/ 606 Surabaya, ditemukan permasalahan pada pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu saat membaca pengumuman siswa kurang memperhatikan intonasi, pelafalan, jeda, kejelasan suara dan kelancaran, dan mereka juga kurang memahami isi bacaan yang telah dibaca. Bahkan ada beberapa dari siswa masih membaca dengan terbata-bata, sehingga pembelajaran membaca memerlukan waktu yang sangat lama. Hal ini tampak dari rata-rata hasil belajar membaca nyaring siswa masih sangat rendah. Berdasarkan permasalahan di atas maka diperlukan upaya untuk mengatasinya, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dalam 2  siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan observasi, catatan lapangan, dan tes untuk mendapatkan data hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh skor 73,43dan pada siklus II memperoleh skor 89,58. Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 62,96% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,48%, dan segala bentuk kendala yang ada dapat teratasi dengan baik. Dari hasil penilitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan membaca nyaring siswa kelas IV SDN SDN Krembangan Utara III/ 606 Surabaya.

 

Kata kunci: model pembelajaran langsung,  keterampilan membaca nyaring

Published
2013-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 20