PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION ( STAD ) TEMA PERISTIWA MATERI MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III PADA SDN WONOREJO 274 SURABAYA

  • ACHMAD RIFAI Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang menggunakan tema dalam mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini adalah penelitian awal dan pelaksanaan tindakan. Pada pelaksanaan tindakan terhadap 4 tahapan yang harus dilakukan yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan evaluasi, (4) analisis dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Wonorejo 274 Surabaya yang berjumlah 40 siswa. Pada kegiatan pembelajaran aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I aktivitas guru mencapai 75 % dan pada siklus II aktivitas guru mencapai 90,4%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 71,63% dan siklus II aktivitas siswa mencapai 85,13%. Data hasil tes siswa pada siklus I mencapai 77,50% dan pada siklus II mencapai 87,50%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Wonorejo 274 Surabaya.

Kata kunci : Tematik dan Model pembelajaran kooperatif tipe STAD

Published
2013-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 14