MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE STAD MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI SDK KATARINA SURABAYA

  • AGUSTINUS Adi ADI SUWONDO Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Pendidikan IPA menjadi suatu bidang ilmu yang memiliki tujuan agar setiap siswa terutama yang ada di SD memiliki kepribadian yang baik dan dapat menerapkan sikap ilmiah serta dapat mengembangkan potensi yang ada di alam untuk dijadikan sebagai sumber ilmu dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun kenyataannya, berdasarkan observasi peneliti di SDK Katarina pada semester ganjil tahun ajaran 2012-2013, aktivitas  belajar kelompok masih jarang. Berdasarkan permasalahan di atas maka masalah yang diajukan peneliti adalah: ”Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SDK Katarina Surabaya?” Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SDK Katarina Surabaya yang berjumlah 29. Materi yang digunakan adalah ciri-ciri kusus makluk hidup. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes hasil belajar, dan angket dengan instrument lembar obsrvasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Hasil analisis data lembar observasi aktivitas siswa memperoleh persentase 90%. Hal ini menunjukan bahwa aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung sangat baik.Selain itu data dan analisis tes hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II dengan menerapkan model pembelajaran type STAD menunjukan peningkatan dari 61.3 menjadi 81,5. Berdasarkan penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran type STAD dapat diterapkan pada mata pelajara IPA kelas VI, dibuktikan dengan persentase aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci : IPA, Kooperatif tipe STAD, siswa belajar

 

 

Published
2013-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 32