PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS VI SDN MANDURO 2 JOMBANG

  • MOCHAMAD Farid FARID UBAIDILLAH Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak Berdasarkan hasil refleksi guru di kelas VI SDN Manduro 2 Jombang, ditemukan hasil bahwa penerapan pendekatan pembelajaran hanya berpusat pada guru. Permasalahan ini akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang jauh dari kemampuan menganalisis (C4). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktifitas guru dan aktifitas siswa dalam penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik serta peningkatan hasil belajar siswa yang diperoleh setelah mengikuti kegiatan pembelajaran operasi hitung campuran dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Peneliti mengumpulkan data menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa. Sedangkan teknik tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Data penelitian dianalisis  menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Secara keseluruhan aktivitas guru dan aktivitas siswa serta hasil tes berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dari pelaksanaan Siklus I sampai Siklus II. Hasil aktifitas guru pada Siklus I mencapai 70% dan pada Siklus II mencapai 95%. Hasil aktifitas siswa pada Siklus I mencapai 62,5% dan pada Siklus II mencapai 92,5%. Rata-rata hasil tes berpikir kritis siswa level C4 pada Siklus I memperoleh skor 77 dan pada Siklus II menjadi 95.

Kata Kunci: PMRI, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Operasi Hitung Campuran

Published
2013-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 21