PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS 3 SDN JAJARTUNGGAL III SURABAYA

  • GALIH WIJAYANTO Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berlatar belakang karena tidak diterapkannya pembelajaran tematik di kelas rendah sekolah dasar. Begitu juga di SDN Jajartunggal III Surabaya, yang tidak menggunakan pembelajaran tematik, Keadaan yang ada sekarang guru bertindak sebagai satu-satunya sumber informasi di kelas, sedangkan siswa hanya menjadi pendengar yang pasif. Hal ini disebabkan karena pada umumnya guru masih menggunakan metode mengajar klasikal yaitu dengan ceramah yang berdampak pada suasana belajar mengajar yang menoton. Akibatnya siswa merasa bosan, maka minat dalam belajar menjadi kurang dan menjadikan anak ramai sendiri. Dalam penyampaian materi guru dituntut untuk mampu merancang, melaksanakan serta mengefaluasi pembelajaran agar materi yang diajarkan selanjutnya lebih baik lagi, dan hasil belajar siswa juga belum memenuhi kriteria ketuntasan maksimal yang ditentukan. Oleh karena itu solusi yang sesuai untuk memperbaiki permasalahan tersebut adalah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN Jajartunggal III Surabaya yang jumlah siswanya 37 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan selama siklus pembelajaran, dengan persentase 64,86% pada siklus I, dan 83,78% pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) tema lingkungan pada siswa kelas 3 SDN Jajartunggal III Surabaya pada model pembelajaran tematik dengan tema lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 di SDN Jajartunggal III Surabaya.

Kata Kunci : pembelajaran tematik, model pembelajaran TGT, Hasil belajar.

 

Published
2013-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 64