MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN BERSUSUN KE BAWAH DENGAN MEDIA PAPAN NAPIER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS III SD DAPUAN SURABAYA

  • HERMIN MARIFAH Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pelaksanaan pembelajaran matematika tentang operasi hitung perkalian bersusun ke bawah dengan menggunakan media papan napier, mendeskripsikan respon siswa kelas III SD Dapuan Surabaya terhadap pembelajaran matematika materi operasi hitung perkalian dengan media papan napier, serta meningkatkan hasil belajar matematika siswa tentang operasi hitung perkalian bersusun ke bawah dengan menggunaan media papan Napier bagi siswa kelas III SD Dapuan Surabaya. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Rancangan disusun dalam satuan siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan observasi dan tes untuk mendapatkan data tentang hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan diperoleh simpulan bahwa “Media pembelajaran papan napier memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi operasi hitung perkalian bagi kelas III SDS Dapuan Surabaya. Hal tersebut diketahui dengan adanya peningkatan yang sangat baik dengan diperoleh presentase nilai aktivitas guru dalam proses pembelajaran pada siklus I 67,64% dan pada siklus II 89,21%, presentase nilai aktivitas siswa pada proses pembelajaran pada siklus I 70,00% dan pada siklus II 89,94%, serta ketuntasan belajar siswa secara klasikal, yaitu siklus I (65,00%) dengan rata-rata 64,75 dan siklus II (85,00%) dengan rata-rata 81,35.

Kata kunci: media pembelajaran, media papan napier, operasi hitung perkalian.

Published
2013-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 302