IMPROVING LEARNING OUTCOMES MATTER MULTIPLICATION USING MEDIA BOARDS NAILED ON MATHEMATICS FOR STUDENTS IN GRADE 2 SDN BANYU URIP IX / 563 SURABAYA

  • KAMINI Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Perkalian bilangan merupakan kebutuhan dasar manusia dari semua lapisan masyarakat dalam pergaulan hidup sehari-hari. Mengingat pentingnya perkalian bilangan maka pengetahuan perkalian perlu diajarkan kepada anak sejak dini. Kenyataannya untuk nilai perkalian di SDN Banyu Urip IX/563 terutama di kelas II masih kurang sesuai dengan KKM yang di harapkan sekolah. Ini disebabkan guru kurang inovatif dan kreatif dalam menggunakan media pembelajaran. Untuk itu peneliti akan menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat anak untuk menyenangi pembelajaran perkalian. Media papan berpaku adalah salah satu media yang berfungsi sebagai alat bantu pengajaran perkalian yang terbuat dari papan dan paku. Papan berpaku membuat anak dalam memahami materi perkalian. Anak dapat langsung menggunakan. Penilitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Data yang di ambil dalam penelitian ini adalah hasil observasi siswa dan hasil tes belajar siswa setiap akhir siklus sedangkan subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Banyu Urip IX/563. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 27 siswa dari siklus I sampai siklus II diperoleh hasil sebagai berikut: siklus I hasil tes belajar siswa mencapai 60,1 dan siklus II 74,1 keberhasilan anak telah mencapai KKM yang telah di tentukan. Dari hasil penelitian ini bahwa dengan menggunakan media papan berpaku dapat meningkatkan hasil belajar anak.

Kata Kunci : Papan berpaku, Hasil belajar

Published
2013-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 19