PENGGUNAAN MEDIA AUDIO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANG NARASI PADA SISWA KELAS V SDN WONOKUSUMO IV/ 43 SURABAYA

  • KARTIONO Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak :Keterampilan menulis karangan narasi sebagai salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Namun 54 % (18 siswa) kelas V SDN Wonokusumo IV/ 43 Surabaya belum mencapai KKM (70). Masalah tersebut dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan yaitu pembelajaran yang mengaitkan apa yang diajarkan dengan sebuah peristiwa, pikiran, atau perasaan yang diperoleh dari kehidupan rumah, sosial, musik, seni atau akademis siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan untuk memperoleh data aktivitas guru selama kegiatan pembelajaran berlangsung, serta tes digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan menulis narasi siswa. Teknik penganalisisan data yakni analisis pengamatan, analisis tes dan analisis catatan lapangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I terlaksana 88 % dan pada siklus II   92 % dengan skor ketercapaian siklus I 82 kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 93 termasuk kategori baik sekali. Begitu juga pada tes hasil belajar mengalami peningkatan dengan rata-rata kelas pada siklus I sebesar 73 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 77 %, sedangkan pada siklus II rata-rata kelas mencapai 81 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 97 % dengan kategori baik sekali dan semua kendala di dalam kelas dapat diatasi dengan tuntas oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan guru SD dapat mengondisikan siswa, meningkatkan keterampilan dalam membimbing, dan memberikan penghargaan yang lebih memotivasi siswa. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan media audio dapat meningkatkan kemampuan mengarang pada siswa kelas V SDN Wonokusumo IV/43 Surabaya.

Kata Kunci: Media Audio, Pembelajaran Langsung, Kemampuan Mengarang

Published
2013-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 9