PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM TEMA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SDN PERAK UTARA I NO 58 SURABAYA

  • LESTARI Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kegiatan aktivitas guru, siswa dan hasil belajar. Metode yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini 4 tahap yang harus dilakukan yaitu : Perencanaan tindakan,  Pelaksanaan tindakan, Pengamatan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes hasil belajar. Teknik Analisis data yang dilakukan adalah untuk menganalisi hasil observasi terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa sedangkan hasil belajar dilakukan dengan memberikan latihan soal berupa soal isian. Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa serta hasil tes siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).

Kata kunci : Model Pembelajaran kooperatif tipe TPS, hasil belajar

Published
2013-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 7