UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • LILIK NURDIANA Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia saat ini tidak henti-hentinya terus digelorakan oleh pakar pendidikan.Berdasarkan data hasil belajar yang diperoleh siswa kelas IV SDN Tandes Kidul Kota Surabaya melalui penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 23%. Selain itu perkembangan hasil belajar siswa pada aspek afektif dan kognitif juga mengalami peningkatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan Kuantitatif dengan prosedur penelitian meliputi (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan evaluasi, (4) analisis dan refleksi. Aktivitas guru dan siswa selama penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA mengalami penigkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase aktivitas guru dan siswa pada siklus I dan siklus II. Aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 18,75% yaitu dari 76,25% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 28,20%, yaitu dari 63,75% pada siklus I menjadi 91,95% pada siklus II.

 

Kata kunci: Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD, IPA, Hasil belajar

Published
2013-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 460
PDF Downloads: 133