PEMANFAATAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN BABATAN I/456 SURABAYA

  • LINAKSITA ANINDYA WATI Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Peneliti menemukan permasalahan yaitu guru hanya menyampaikan materi secara verbal, guru bisa di bilang tidak sering menggunakan media terutama media video pembelajaran sebagai perantara penyampaian materi kepada siswa. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa, ini terbukti bahwa 59,42% dari jumlah keseluruhan 28 siswa yaitu 18 siswa belum mencapai criteria ketuntasan minimum 7,0 yang di standartkan sekolah pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan solusi untuk mengatasinya. Solusi yang sesuai dengan permasalahanya tersebut adalah dengan memanfaatakan media video pembelajaran sebagai media. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa, hasil belajar kognitif siswa, dan angket respon siswa terhadap pembelajaran IPS dengan memanfaatkan media video pembelajaran sebagai media. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus yang setiap silus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi ada di setiap siklus. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV A di SDN Babatan 1 Surabaya. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi,tes dan angket. Data observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dianalisis dalam bentuk data kuantitatif. Data tes siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar klasikal, data angket respon siswa dianalisis dalam bentuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam penelitian mengalami peningkatan sebesar 13,3% yaitu dari 72,76% pada siklus I menjadi 86,60% pada siklus II. Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 9,38%, yaitu dari 71,59% pada siklus I menjadi 80,97% pada siklus II.Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 14%, yaitu dari 57,14% dengan rata – rata nilai 67,64 pada siklus I menjadi 96,42% dengan rata – rata nilai 81,64 pada siklus II. Angket respon siswa mengalami peningkatan sebanyak 20,7% yaitu dari 69% pada siklus  I menjadi 89,7%pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media dalam proses belajar mengajar sangat berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, hal ini dikarenakan media sebagai alat atau perantara guru untuk menyampaikan materi pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS bagi siswa kelas IV SDN Babatan 1/456.

Kata kunci : IPS, media video pembelajaran, hasil belajar kognitif siswa

Published
2013-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 149