PENERAPAN STRATEGI PEMETAAN PIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS II-ASDN SIDOSERMO II/549 SURABAYA

  • M. ROCHILAH Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran selama kegiatan pembelajaran berlangsung, mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas II-A dalam menceritakan kembali secara lisan cerita yang telah didengar dan mendeskripsikan kendala dan cara mengatasi kendala yang muncul pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.  Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II-A SDN Sidosermo II/549 Surabaya yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan catatan lapangan. Selama kegiatan pembelajaran hasil keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan. Pada siklus I keterlaksanaan pembelajaran mencapai 86,78% dengan nilai ketercapaian 85,21 dan pada siklus II keterlaksanaan pembelajaran mencapai 92,30% dengan nilai ketercapaian 88,46. Sedang hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal 66,6%, pada siklus II meningkat menjadi 90,47%. Kendala yang muncul pada siklus I yaitu cerita terlalu panjang, siswa yang maju belakangan untuk menceritakan kembali tidak mendapat perhatian dapat diatasi peneliti dalam siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pemetaan pikiran dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Sidosermo II/549 Surabaya

 

Kata Kunci: pembelajaran Bahasa Indonesia, strategi pemetaan pikiran, hasil belajar

Published
2013-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 58