PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN JEPARA I – 90 SURABAYA

  • NOER KUMALA Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang bertujuan untuk menciptakan manusia yang berkualitas dan berwawasan luas sehingga dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional. Oleh karena itu pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial harus selalu diupayakan peningkatan kualitas pengajarannya. Tetapi sampai saat ini hasil pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tingkat ketuntasanya masih jauh dari memuaskan. Hal ini tercermin dari masih rendahnya rerata nilai untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN Jepara I Surabaya. Berdasarkan permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran penulis mengadakan diskusi dengan teman sejawat. Inti permasalahannya adalah model pembelajarannya  tidak  variatif sehingga minat belajar anak kurang, anak pasif  dan hanya bergantung pada penjelasan guru saja. Berdasarkan uraian di atas penulis berupaya untuk memberikan salah satu alternatif pemecahan masalah dari permasalahan yang dihadapai siswa, peneliti mengangkat judul “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Jepara I-90 Surabaya”.Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Jepara I Surabaya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklusnya sebanyak dua pertemuan.Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SDN Jepara I Surabaya. Peningkatan hasil belajar siswa tercermin pada hasil tes yang semakin meningkat pada siklus III dibandingkan dengan siklus I dan siklus II, yaitu pada siklus I nilai rata-ratanya sebesar 75%, siklus II sebesar 78,1% dan siklus III sebesar 87,5%.

 

Kata kunci : pembelajaran IPS, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar.

Published
2013-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 11