ANALISA WAKTU PENGGANTIAN BUCKET PADA BUCKET ELEVATOR M2202 MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY DI PT. PETROKIMIA GRESIK

  • CAESARIO ZAKARIA ACHMAD
  • FIRMAN YASA UTAMA

Abstract

Abstrak

PT. Petrokimia Gresik merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi pupuk. Salah satu mesin produksi pupuk adalah Bucket Elevator M2202 yang berada di pabrik asam fosfat, fungsi dari mesin ini sendiri adalah pembawa batu fosfat yang tidak lolos screen untuk di proses ke bagian selanjutnya. Pada mesin ini sering terjadi kerusakan terutama pada komponen bucket, sehingga mesin tersebut merupakan salah satu critical equipment yang ada pabrik asam fosfat. Kerusakan yang terjadi menyebabkan terhentinya proses produksi karena perawatan bersifat corrective yaitu dengan penggantian bucket. Penggantian yang terlalu sering mengakibatkan terganggunya proses produksi sehingga biaya perawatan juga tinggi. Maka perlu adanya metode untuk mengetahui waktu penggantian komponen bucket dengan reliability, dimana probabilitas kinerja suatu sistem sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan dalam periode waktu tertentu. Tujuan penelitian ini adalah menentukan model waktu dan biaya penggantian komponen bucket.

Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dimana pengambilan data menggunakan teknik observasi serta dukungan data dari arsip atau dokumen perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode age replacement.

Dari hasil penelitian yang dilakukan di PT. Petrokimia Gresik didapatkan waktu penggantian 173 hari (4.152 jam) dan biaya penggantian Rp. 750.300 dengan nilai keandalan sebesar 0,750, terjadi penurunan downtime sebanyak 0,34 jam atau terjadi penurunan downtime sebesar 25,7 %. dan penghematan biaya sebesar 75,61 %.

Kata Kunci: Bucket Elevator M2202, Reliability, Biaya Penggantian, Age replacement, Downtime.

Published
2019-07-18
How to Cite
ZAKARIA ACHMAD, C., & YASA UTAMA, F. (2019). ANALISA WAKTU PENGGANTIAN BUCKET PADA BUCKET ELEVATOR M2202 MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY DI PT. PETROKIMIA GRESIK. Jurnal Rekayasa Mesin, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/29281
Section
Articles
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 58