PENGUASAAN KEMAMPUAN MERAWAT KULIT WAJAH BERJERAWAT MELALUI PELATIHAN DENGAN JOB SHEET PADA SISWI SMA MUHAMMADIYAH 1 BLITAR

Main Article Content

SURTI LESTARINING TITI

Abstract

Abstrak: Pelatihan adalah pendidikan yang menambah pengetahuan dan keterampilan yang belum diperoleh di dalam pendidikan formal. Pelatihan dilakukan dengan waktu yang relatif singkat dan sistematis serta lebih mengutamakan praktek daripada teori. Salah satu institusi pendid ikan adalah SMA Muhammadiyah 1 Blitar, dimana siswinya adalah remaja dengan banyak permasalahan tentang keadaan kulit wajah. Sekolah tersebut belum pernah mengadakan pelatihan keterampilan merawat kulit wajah. Keterampilan yang akan dilatih adalah keterampilan merawat kulit wajah berjerawat dengan menggunakan job sheet sebagai perangkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengelolaan pelatihan, 2)aktivitas peseta, 3) hasil merawat kulit wajah berjerawat, 4) respon peserta. Jenis penelitian adalah pre eksperimen dan menggunakan desain penelitian one shot case study. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket terhadap 30 peserta pelatihan yang diamati oleh 3 observer. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Pengelolaan pelatihan merawat kulit wajah berjerawat dapat berjalan dengan baik dengan perolehan nilai rata- rata 3,76  (baik sekali). (2) Aktifitas peserta pelatihan merawat kulit wajah berjerawat mendapat kategori sangat baik dengan persentase 92,78% (3) Hasil pelatihan merawat kulit wajah berjerawat memperoleh  kriteria baik sebanyak 77% dan baik sekali sebanyak 23% untuk nilai pengetahuan, dan memperoleh kriteria baik sekali sebanyak 100% untuk nilai praktek.  (4) Respon peserta terhadap pelatihan merawat kulit wajah berjerawat tergolong sangat baik dengan mendapatkan rata- rata persentase mencapai 94,76%.


Kata kunci :Pelatihan, Merawat Kulit Wajah Berjerawat, Job Sheet.


 


The Mastering Skill Of Acne Face Skin Treatment Through Training With Job Sheet On Student Of SMA Muhammadiyah 1 Blitar


 


Abstract: Training is an education which increasing knowledge and skill that obtained yet in formal education. Training is conducted in relatively short time and systematic also prior the practices than theory. One of education institution is SMA Muhammadiyah 1 Blitar, where the students are teenager with many problems about skin face. Mentioned school was never conducted yet training skill of skin face treatment. Skill will be trained is about acne skin face treatment by using job sheet as instrument. The aims of this research were to know: 1) training management, 2) trainee activity, 3) result of acne skin face treatment, 4) trainee response. Research type was pre-experimental and using design One Shot Case Study. Data collecting method used were observation and questionnaire for 30 trainees which observed by 3 observers. Data analysis technique used was descriptive quantitative. Based on research result, obtained conclusion that: (1) management of acne skin face treatment training was well conducted with mean 3.76  (very good). (2) Trainee activity of acne skin face training obtained very good category with percentage 92.78%. (3) Result of acne skin face training obtained good criteria as much as 77% and very good criteria 23% for cognitive score, and obtained very good criteria as much as 100% for psychomotor score.(4) Trainee response on training of acne skin face treatment categorized very good with mean percentage achieved 94.76%.


Keywords: Training, acne face skin treatment, job sheet

Article Details

Section
Articles