HASIL MERIAS WAJAH PANGGUNG MELALUI PELATIHAN BAGI GURU PAUD DI KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.26740/jtr.v4n01.10567Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan sintak pembelajaran langsung, 2) aktivitas peserta pelatihan, 3) hasil merias wajah panggung sebelum dan sesudah diberikan pelatihan, 4) respon peserta pelatihan. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental Design, dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Subyek penelitian adalah para guru PAUD Non Formal yang mengajar di Kelompok Bermain (KB) dan Pos PAUD dengan jumlah 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah obeservasi, tes psikomotor dan angket. Teknik analisis data menggunakan persentase dan uji t (t-test) dengan bantuan program SPSS 16, taraf signifikan 5% (α 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterlaksanaan sintak pembelajaran langsung mencapai 3,3 - 4 (kategori sangat baik), 2) aktivitas peserta pelatihan mencapai 87% - 100% (katagori sangat baik), 3) hasil rata-rata tes psikomotor peserta pada saat pretest 33,07 dan posttest 37,10 dengan peningkatan 4,033. Dari hasil perhitungan uji-t 25. 981dengan signifikansi 0,000 < taraf nyata 0,05, dapat disimpulkan ada peningkatan sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan, 4) respon peserta menyatakan 100%, peserta merasa senang, kemampuan guru PAUD dapat meningkat, pelatihan ini merupakan hal yang baru dan perlu diadakan kembali dengan jenis merias wajah panggung Prosthetic atau Character Make up.
Kata Kunci: Pelatihan, Merias Wajah Panggung
Abstract: This study aims to determine : 1) adherence to direct learning syntax, 2) the activity of trainees, 3)learning outcomes before and after training , 4) the response of participants to the training stage makeup . Type makeup stage used is Straight Make-up. This research is Pre Experimental Design , the design of one group pretest - posttest design. Subjects were non-formal early childhood teachers who teach in Playgroup and Post ECD with 30 person. Data collection methods used were observation, psychomotor tests and questionnaires. Data were analyzed using percentages and t test with SPSS 16 , a significant level of 5% ( α 0.05 ). The results showed that : 1) feasibility study of syntax directly reach 3.3 - 4 categories is very good, 2) the activity of trainees reached 87 % - 100 % very good category, 3) the average yield psychomotor test participants during the pretest 33.07 and posttest 37.10 with increased 4.033. From the calculation of the t-test is 25.981 with signification 0.000 < α 0.05, it can be concluded that there is increased before and after the training , 4) 100% of participants stated responses, participants feel happy, can increase the ability of early childhood teachers, this training is new and needs to be held back by the type of Prosthetic or Character make up stage.
Keywords : Training , Stage Make Up
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 29
,
PDF Downloads: 157





