PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO UNTUK KOMPETENSI DASAR MENGURAIKAN PEMANGKASAN RAMBUT TEKNIK SOLID BAGI SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN RAMBUT DI SMK NEGERI 1 BUDURAN SIDOARJO

Main Article Content

SHABRINA F

Abstract

Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui hasil uji kelayakan produk pengembangan media pembelajaran berbasis video untuk kompetensi dasar menguraikan pemangkasan rambut teknik solid; (2) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran; (3) mengetahui hasil belajar siswa; (4)  mengetahui respon siswa. Metode penelitian ini adalah Research and Development menggunakan model Borg and Gall. Data dikumpulkan dengan angket, observasi dan tes. Dalam prosedur penelitian terdapat uji validasi produk, uji coba pada subjek, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil uji kelayakan produk media pembelajaran berbasis video memperoleh nilai rata-rata pada kriteria baik (tidak perlu revisi); (2) Keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata pada kriteria terlaksana dengan baik; (3) siswa memperoleh hasil belajar di atas KKM; (4) hasil analisis data respon siswa memperoleh nilai rata-rata baik, artinya media pembelajaran berbasis video mendapatkan respon yang baik.


Kata kunci : Video, Pemangkasan Teknik Solid.


 


Abstract: The purpose of this research are : (1) to know the validation result of video-based learning media product  on the basis of solid technique haircut competence; (2) to know the learning feasibility; (3) to know student’s learning result; (4)  to know students's response. This research method use Research and Development by Borg and Gall. Data were collected by questionnaires, observations and tests. The research procedures are product validation, trials on the subject, and the learning result test. The results manifest that: (1) the validation of the video-based learning media product obtained an average score in a good criteria (did’t need revision); (2) feasibility study obtained an average score in a good performed criteria; (3) students get score higher from the KKM; (4) the analysis of student response data get a good score, it mean that the video-based learning media get a good response.


Keywords: Video, Techniques Solid Haircut

Article Details

Section
Articles