DOI:
https://doi.org/10.26740/jtr.v4n02.p%25pAbstract
Abstrak: Perkembangan tata rias pengantin yang semakin pesat menyebabkan persaingan dalam dunia jasa tata rias pengantin. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui tentang minat konsumen dalam pemilihan tata rias pengantin tradisional dan modifikasi di Salon Kemuning Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Pengambilan data dengan sebaran angket dan wawancara dilapangan terhadap 30 responden. Hasil penelitian adalah: minat konsumen dalam pemilihan tata rias pengantin tradisional dan modifikasi dapat ditilik di faktor budaya, pribadi dan sosial. Faktor Budaya, dinyatakan berperan penting demi menjaga kebudayaan Indonesia. Faktor Pribadi, dalam pemilihan tata rias pengantin tradisional maupun modifikasi dengan mempertimbangkan jumlah biaya yang dimiliki untuk menyesuaikan segala keperluan acara pernikahan. Faktor Sosial, bahwa dalam pemilihan jasa salon rias pengantin di Salon Kemuning berdasarkan keputusan keluarga dan beberapa infomasi yang diperoleh.
Kata kunci : Minat konsumen, Tata Rias pengantin Tradisional dan Modifikasi.
Abstract: The progress of wedding makeup which is more rapidly made competition in wedding makeup service. This research aimed to know about consumer interest of selection for traditional wedding makeup and modification at Kemuning Salon Purwokerto. Type of this research is descriptive quantitative with data collection methods are interview, questionnaire, observation, and documentation. Data collection conducted with questionnaire sheet and on cite interview toward 30 respondents. Research yields are: the consumer interest of selection for traditional wedding makeup and modification can be viewed on cultural factor, personal, social. Cultural factor stated have important role to keep Indonesian culture. Personal factor of selection for traditional wedding makeup and modification is by considering total cost owned to pay for all wedding necessity. Social factor is that the service selection of wedding makeup in Kemuning Salon based on family decision and some obtained information.
Keywords: consumer interest, traditional wedding makeup and modification
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

