PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PBM) PADA KOMPETENSI DASAR PEMANGKASAN RAMBUT DESAIN DI SMKN 3 KEDIRI

Authors

  • EKA SAKTI PRATIWI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v4n02.p%25p

Abstract

Abstrak: Pembelajaran berdasarkan masalah melatih siswa dapat memecahkan masalah ketika melakukan praktik khususnya pada Kompetensi Dasar Pemangkasan Rambut Desain  yang membutuhkan penyelidikan awal untuk menentukan desain pemangkasan yang diharapkan hasil belajar siswa dapat memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tentang 1) keterlaksanaan sintaks model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) 2) aktivitas siswa selama proses belajar dengan PBM 3) hasil belajar siswa baik kognitif maupun psikomotorik setelah belajar dengan PBM 4) respon siswa selama proses belajar dengan PBM. Jenis penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Subyek penelitian adalah siswa Tata Kecantikan Rambut kelas XI SMKN 3 Kediri yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t statistik dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keterlaksanaan sintaks PBM pada aspek kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan akhir, pengelolaan pembelajaran dan pengamatan suasana kelas terlaksana dengan kriteria sangat baik 2) aktivitas siswa selama proses pembelajaran Pemangkasan Rambut Desain menggunakan PBM secara keseluruhan dapat dikategorikan sangat baik 3) hasil belajar siswa pre test kognitif dengan nilai rata-rata 62,90, sedangkan post test kognitif 86,27. Hasil belajar siswa pre test psikomotorik nilai rata-rata siswa 70,27 dan post test psikomotorik 85,80. Hasil uji statistik juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah menerapkan PBM 4) respon siswa dengan penerapan PBM rata-rata secara keseluruhan sebesar 92,2% dengan kriteria sangat kuat/sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) terhadap hasil belajar siswa Tata Kecantikan Rambut Kelas XI di SMKN 3 Kediri.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Pemangkasan Rambut Desain

 

 

Abstract: Learning by problem can train students to solve problems when doing practice especially for Basic Competence Hair Trimming Design initial investigation to determine the design trimming is expected outcomes of student learning can meet the KKM. The purpose of this study was to determine 1) enforceability Problem Based Instruction (PBM) syntax 2) Activity of students during the learning process with PBM 3) students learning outcomes both cognitive and psychomotor after studying with PBM 4) student response during the learning process with PBM. This research is a pre experimental design with one-group pretest-posttest design study. The subjects were students Hairstyling Class XI of SMKN 3 Kediri by the number of 30 students. Data collection technique using observation, tests and questionnaires. Data were analyzed using t-test statistics and percentages. The results showed that 1) enforceability syntax PBM in the preliminary aspect, core, anding the management of learning and observation of classroom atmosphere with the criteria very well done 2) Activity of students during the learning process Hair Trimming Design use PBM as a whole can be categorized as very well 3) the results of pretest students cognitive learning with an average value of 62,90 while cognitive posttest students 86,27. Student learning outcomes psychomotor pretest average value of students 70,27 and posttest psychomotor 85,80. Statistics test result also showed that there were significant differences between student learning outcomes before and after applying the PBM 4) student response to the application of PBM overall average of 92,2% with a very strong criteria/very worthy. Based on the results of this study concluded that there is an increasing Problem Based Instruction (PBM) to the student learning outcomes Hairstyling Class XI of SMKN 3 Kediri. 

Keywords: Problem Based Instruction, Hair Trimming Design

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-05-22

How to Cite

SAKTI PRATIWI, E. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PBM) PADA KOMPETENSI DASAR PEMANGKASAN RAMBUT DESAIN DI SMKN 3 KEDIRI. Jurnal Tata Rias, 4(02). https://doi.org/10.26740/jtr.v4n02.p%p
Abstract views: 104 , PDF Downloads: 41