PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MERIAS WAJAH PANGGUNG PADA SISWA TUNARUNGU di SMA LB-B KARYA MULIA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jtr.v4n02.p%25pAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui keterlaksanaan sintaks pengelolaan model pembelajaran langsung pada materi keterampilan merias wajah panggung, 2) aktivitas siswa, 3) hasil belajar siswa, 4) respon siswa. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa keterampilan merias di SMA LB-B Karya Mulia Surabaya sejumlah 5 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, angket dan tes hasil belajar serta dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Keterlaksanaan sintaks pembelajaran langsung pada siklus I diperoleh rata-rata 3,47 (baik), sedangkan pada siklus II 3,87 (baik sekali). Aktivitas siswa mencapai rata-rata 81,25% pada siklus I, sedangkan pada siklus II seluruh aktivitas rata-rata mencapai 100% (sangat aktif). Hasil belajar siswa pada siklus I secara individu 3 siswa mendapatkan ≤75 dan klasikal bahwa 70,2% dinyatakan Tidak Tuntas, sedangkan pada siklus II secara individu seluruh siswa memperoleh nilai nilai ≥75, secara klasikal sebesar 100% siswa dinyatakan Tuntas. Hasil respon siswa pada siklus I mencapai rata-rata 90% dan siklus II 93,3%(sangat positif). Berdasarkan hasil penelitian bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II pada keterlaksanaan sintaks pembelajaran langsung meningkat 0,4, aktivitas siswa meningkat 19,74%, hasil belajar siswa meningkat 29,8%, respon siswa meningkat 3,3%.
Kata Kunci: Keterlaksanaan Sintaks, Aktivitas, Respon dan Hasil Belajar Siswa.
Abstract: This research aimed: 1) to know realization of syntax implementation of direct instruction model on subject of stage makeup skill, 2) student activity, 3) student learning achievement, 4) student response. Type of this research included in Classroom Action Research with two cycles. Research subject are student of makeup skills classroom in SMA LB-B Karya Mulia Surabaya as many 5 students. Data collected through observation, questionnaire, and learning test, also analyzed descriptively. Research yield shows that: realization of direct instruction syntax at cycle I obtained mean 3.47 (good), while at cycle II 3.87 (excellent). Student activity achieved mean 81.25% at cycle I, while at cycle II total activity achieved mean 100% (very active). Student learning achievement at cycle I individually of 3 students obtained <75 and classically 70.2% stated Uncompleted, while at cycle II individually of all students obtained score >75, and classically 100% student stated Completed. Student response yield at cycle I achieved mean 90% and cycle II 93.3% (very positive). Based on research yield, occurred improvement from cycle I to cycle II on realization of direct instruction syntax as 0.4 point, student activity improved 19.74%, student learning achievement improved 29.8%, student response improved 3.3%.
Keywords: syntax realization, student activity, response and learning achievement.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

