KETERAMPILAN PENATAAN SANGGUL BAGIAN DEPAN (FRONT STYLE) YANG BERORIENTASI PADA PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMK NEGERI 2 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

Authors

  • RISKA PUSPITASARI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v4n02.p%25p

Abstract

Abstrak: Berdasarkan observasi awal dengan guru mata pelajaran penataan sanggul up style, masih banyak siswa yang kurang mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dimanfaatkan/diaplikasikan pada situasi baru. Teknik yang digunakan dalam mengajar, guru biasaya menggunakan model pembelajaran langsung. Menurut keterangan  yang diperoleh dari beberapa siswa bahwa mereka sering bosan dan jenuh dalam memperhatikan dan membaca penjelasan yang hanya menggunakan model itu saja. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Eksperiment, dengan menggunakan rancangan penelitian One-Group Ptretest-Posttest Desaign. Data yang diperoleh adalah keterlaksanaan sintaks PBM, aktivitas siswa, hasil belajar dan respon siswa terhadap PBM. Berdasarkan hasil analisis data, keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar menggunakan model PBM memperoleh rata-rata 3,77 dan 3,8 degan kriteria sangat baik, hasil belajar siswa menunjukkan terdapat pengaruh antara pretest dan posttest pada PBM yaitu dengan rata-rata pretest 61,96 sedangkan nilai rata-rata posttest 85,41. Hasil akhir yang diperoleh adalah terdapat peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah dilakukan PBM. Respon siswa terhadap model PBM memperoleh rata-rata sangat baik atau sangat antusias. 

Kata Kunci: PBM, front style, hasil belajar

 

 

Abstract: Based on early observations with teachers of subjects up bun style Setup, there are many students who are less able to connect between what they learn with how the knowledge will be used/applied in new situation. echniques used in teaching, teachers typically use direct instructional model. According to information obtained from some students that they are often bored and tired of the attention and read the explanation that only use the model alone. This type of research is the study of Pre experiment, using a study design One-Group Ptretest-posttest Desaign.. The data obtained is the execute syntax PBM, student activities, learning outcomes and student response to the PBM. Based on the results of data analysis, feasibility study syntax and student activity during the learning process using a model PBM receives an average of 3.77 and 3.8 degan very good criteria, student learning outcomes showed that there were between pretest and posttest effect on PBM is the mean average pretest 61.96 while the average value of 85.41 posttest. The final result obtained is that there is an increase in learning outcomes before and after the PBM. Students' response to the model PBM receives an average of excellent or very enthusiastic.

Keywords: PBM, front style, learning outcomes

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2015-05-22

How to Cite

PUSPITASARI, R. (2015). KETERAMPILAN PENATAAN SANGGUL BAGIAN DEPAN (FRONT STYLE) YANG BERORIENTASI PADA PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMK NEGERI 2 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. Jurnal Tata Rias, 4(02). https://doi.org/10.26740/jtr.v4n02.p%p
Abstract views: 89 , PDF Downloads: 51