PENGEMBANGAN MODUL AJAR PENATAAN SANGGUL SIMPOLONG TATTONG PADA KOMPETENSI DASAR MELAKUKAN PENATAAN SANGGUL DAERAH BAGI SISWA TATA KECANTIKAN RAMBUT

Main Article Content

SEPTIANA DORA M D

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan modul ajar penataan sanggul simpolong tattong pada kompetensi dasar penataan sanggul daerah yang dikembangkan, keterlaksanaan pembelajaran langsung menggunakan modul, hasil belajar siswa setelah menggunakan modul, dan respon siswa terhadap modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, dengan sasaran penelitian yaitu pengembangan modul dengan model pembelajaran langsung untuk SMK kelas XI semester 4, dan sasaran uji coba adalah siswa SMK Negeri 2, Magetan rumpun Tata Kecantikan sejumlah 20 siswa.Pengembangan modul ini divalidasi oleh 3 validator ahli yang terdiri dari 2 dosen tata rias dan 1 guru bidang studi tata kecantikan SMK. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi perangkat yang dikembangkan, modul ajar, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan perhitungan presentase dan kemudian diartikan dengan kriteria interpretasi secara kualitatif. Hasil penelitianmenunjukkanbahwa: 1) umtukvalidasi modul rata-rata mendapat skor (86,61%) dengan kategori sangat baikmeliputiaspekkarakteristik, isi, bahasa, ilustrasi, format, perwajahan atau cover, dan tata krama; 2) hasilketerlaksanaanmodulpadakompetensidasarmelakukanpenataanSanggulSimpolongTattongdenganmenggunakanmodul ajar yang dikembangkanmemperolehskor (97%);3)hasil belajar kognitif siswa sejumlah (100%) siswa tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata97,45. Untuk hasil belajar psikomotor siswa sejumlah (100%) siswa tuntas dengan nilai rata-rata 86; 4) respon siswa terhadap modul ajar yang dikembangkan88,54% merespon positif terhadap modul yang telah dikembangkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul ajar penataan sanggul simpolong tattong pada kompetensi dasar melakukan penataan sanggul daerah bagi siswa tata kecantikan rambutlayak untuk dikembangkan.


Kata kunci : Pengembangan Modul Ajar, Penataan Sanggul Simpolong tattong, Model Pembelajaran Langsung, Model Pengembangan 4-D


 


 


       Abstract: The purpose of this study was to determine the feasibility of structuring bun simpolong teaching module on basic competence arrangement tattong bun developed area, keterlaksanaan direct instruction using the module, student learning outcomes after using the modules, and students' response to modules developed. This research is the development of the use of 4-D models developed by Thiagarajan, with the goal of research is the development of modules with direct instructional model for vocational classes XI 4th ​​semester, and target testing are students of SMK Negeri 2, Magetan clumps Tata Beauty amount of 20 students , The development of this module is validated by 3 validator experts consisting of two lecturers cosmetology and first teachers of SMK beauty procedures. The instrument used was a device developed validation sheets, the module teaching, observation sheets keterlaksanaan learning, achievement test and student questionnaire responses. Data analysis using percentage calculation and then interpreted with qualitative interpretation criteria. The results showed that: 1) validation module umtuk average scored (86.61%) with a very good category include aspects of the characteristics, content, language, illustrations, format, typographical arrangement or cover, and manners; 2) results of feasibility modules on the basis of competence to the arrangement of the bun Simpolong Tattong by using a teaching module that was developed to obtain a score (97%); 3) the results of students' cognitive learning a number of (100%) students completed the study with an average value of 97.45. For some students psychomotor learning outcomes (100%) students completed with an average value of 86; 4) theresponse of students to the teaching modules developed by 88.54% responded positively to the modules that have been developed. It can be concluded that the teaching module arrangement simpolong tattong bun on the basis of competence to the arrangement of the area for students bun hairstyling to develop.


Keywords: Development of The Teaching Module, Making Simpolong TattongofBun, DirectLearning Model, 4-D


Model Development

Article Details

Section
Articles