PENERAPAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP (PLH) DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MELATIHKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII-B SMPN 2 WONOAYU SIDOARJO

Main Article Content

ZHELLA OKTA PERTIWI
ZHELLA OKTA PERTIWI

Abstract

Abstrak


Masalah lingkungan sudah menjadi masalah serius bagi masyarakat dunia yang tidak hanya disebabkan oleh alam tapi juga karena aktivitas manusia yang mengeksploitasi alam secara berlebihan. Untuk itu diperlukan upaya untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan terutama pada anak sejak dini. Salah satunya melalui pendidikan formal di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pendidikan lingkungan hidupdalam pembelajaran IPA pada materi pemanasan global bagi siswa kelas VII-B SMPN 2 Wonoayu, (2) mendeskripsikan sikap peduli lingkungan siswa kelas VII-B SMPN 2 Wonoayu setelah menerima pembelajaran PLH pada materi pemanasan global, (3) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VII-B SMPN 2 Wonoayu pada materi pemanasan global. Data diperoleh menggunakan metode observasi, metode angket dan metode tes. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran IPA pada materi pemanasan global bagi siswa Kelas VII-B SMPN 2 Wonoayu terlaksana dengan baik dengan skor 3,46. Sikap peduli lingkungan siswa Kelas VII-B SMPN 2 Wonoayu setelah memperoleh materi PLH pada materi pemanasan global mengalami peningkatan dan tergolong baik dengan skor 72. Hasil belajar siswa Kelas VII-B SMPN 2 Wonoayu pada materi pemanasan global mencapai ketuntasan sebesar 78,79%. 


 


Kata Kunci: pendidikan lingkungan hidup, peduli lingkungan, pembelajaran IPA


 


 


Abstract


Environmental issues have become a serious problem for the world community is not only caused by nature but also caused of human activities that exploit excessive nature. Therefore, needed efforts to foster the caring environment attitudes, especially in children from an early age. One of them through formal education in schools . The purpose of this research is described (1) the enforcement education learning environment in science, (2) the attitude of students care about the environment, (3) the learning outcomes students class VII-B SMPN 2 Wonoayu Sidoarjo after applied environmental education in science learning material on global warming.The methods used in this research are observation, test, and questionnaire. The research results show that enforcement lesson plans in the first meeting, second meeting, and third meeting implemented 100 % and included in the category of good with an average score 3,46. Attitude care about the environment students has been an increase and  included in a category good with an average score 72. Learning outcomes of students shows that as much as 78.8 % of students had been completed in the results of learning .


Keywords : environmental education , environmental care attitude , and learning science

Article Details

Section
Articles